Tanjungpinang menuju Cyber Cultural City

Posted: Januari 13, 2009 in My City

Tepat pada bulan januari 2009 ini genap berusia 225 Tahun. Sebuah usia yang cukup panjang. 2 abad lebih nama Tanjungpinang tegak berdiri. sebagai sebuah kota berbudaya yang menuju kota besar, namun metropolis yang berbudaya. Di usia yang ke 225 ini , Pinang semakin bersolek, pembangunan infrastruktur ibukota Provinsi dan percepatan pembangunan di sektor ekonomi, kebudayaan dan pariwisata menyiratkan semangat bahwa Tanjungpinang akan kembali menjadi mutiara di pulau bintan seperti zaman petrodolar dahulu.

Menuju zaman modern tentu tak lepas dari perkembangan teknologi informasi. berdasarkan pengamatan secara tak langsung dan langsung serta observasi lain-lain, terungkap bahwa sebenarnya Tanjungpinang berpotensi untuk menjadi Cyber Cultural city, Kota Cyber yang berbudaya Melayu.Perkembangan Teknologi informasi, khsusnya blog dan Internet yang semakin menjamur di kota ini tak lepas dari komitmen segenap stakeholder yang bermastautin di Kota bersejarah ini, Mulai dari PT Telkom, Pemerintah Provinsi Kepri, dan sektor swasta yang mendapatkan benefit dan contribution dari perkembangan Teknologi Informasi di Tanjungpinang khususnya layanan akses Internet Telkom Speedy. bahkan Speedy juga memberikan layanan hotspot di beberapa titik kota Tanjungpinang seperti Mamak Den /Gurindam Square, RSUD, Kantor Telkom, Kantor Kejati Kepri, RSUD dan lain-lain..sebuah awal yang bagus dan apik untuk menjadi Cyber Cultural City. Namun barangkali perlu disosialisasikan lokasi saja hotspot areanya oleh Telkom.

Untuk kantor Pemerintah , beberapa sudah ada yang online seperti Pemerintah Provinsi Kepri yang beberapa waktu lalu mendapatkan penghargaan Warta E-Gov untuk kategori Provinsi yang dinilai berhasil mengembangkan E-Government dalam meningkatkan kualitas layanan publik. dan Departemen agama Prov. Kepri yang juga sudah online.

Sisi lainnya ternyata blogger Tanjungpinang terus tumbuh dan berkembang, bahkan Ibu Walikota Tanjungpinang Hj.Suryatati A. Manan pun mempunyai blog sendiri. Sebuah kemajuan yang patut diacungi jempol untuk warga kota ini, apalagi dengan adanya Bintan Island Blogger Community yang bersiap-siap menularkan virus blogging kepada segenap masyarakat Tanjungpinang baik tua muda, pejabat atau pun bukan.

Dan melihat fakta sejarah Tanjungpinang khususnya Riau Kepulauan dalam tradisi tulis menulis, maka blog dapat dipandang sebagai sebuah medium untuk membangkaitkan lagi kegairahan tulis-menulis yang telah mengakar pada generasi terdahulu, khususnya pulau penyengat yang setiap tahunnya menerbitkan ratusan kitab. Nah ada korelasi yang cukup menarik, blog di sini dapat dipandai sebagai alat penerbitan bagi diri sendiri yang cukup mudah. Diseminasi Ilmu pengetahuan melalui blog memungkinkan pertukaran pikiran dan Informasi kepada dunia maya. Tanjungpinang adalah negeri kata-kata , dan sudah selayaknya blog digunakan untuk membangkitkan kembali kejayaan masa silam dalam dunia penulisan.

Raja Ali haji berkata

“Selaksa Pedang dapat tersarung hanya karena goresan Qalam”

Blog bagi orang Tanjungpinang dapat menjadi sebuah Kekuatan baru kota ini di Dunia Maya,

The Cyber Cultural City that still Stand strong with its malay cultural roots

will shine again..next time in Virtual World

Komentar
  1. Farhan mengatakan:

    di koran makin hebat aja Tanjung Pinang dengan Hotspot dan Bintan Bloggernya .. Salut deh😉

  2. Dinoe mengatakan:

    Salut buat kemajuan Iptek tg.pinang , singkep kami kapan ya?

  3. wison mengatakan:

    iye… Kote Tanjungpinang pun dah berusia 225… hai… situs kote pun tak ade yang berbenah…

    pemerintah kote pun acuh tak nak acuh… provinsi pun ambe pusing…

    hai hai hai… umu.. dah tue… tapi ape nak kate… komen pun aye aye wae lah…

  4. tanjungpinang mengatakan:

    Maju Terus Tanjungpinang Ku…

  5. cartensz mengatakan:

    ayo mari, kita majukan kota tanjung pinang …

    cartensz.com
    Toko Belanja Online Interaktif Pertama di Kepuluan Riau Tanjung Pinang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s