“The Inspiring City” : Identitas baru tanjungpinang?

Posted: November 3, 2008 in My City

TANJUNGPINANG – PT Kesasi Indonesia Jakarta, sebuah perusahaan jasa konsultansi non kontruksi, melalui presenter dan penelitinya, Jaka Winarso, dihadapan Walikota Tanjungpinang Suryatati A Manan dan kepala dinas serta kepala badan, mempresentasikan sebuah hasil penelitian atas brand Kota Tanjungpinang.
Menurut hasil riset dan penelitian yang dilakukannya, Jaka menyampaikan, yang menjadi brand Tanjungpinang adalah dengan sebutan ‘Tanjungpinang Kota Inspirasi’ atau ‘Tanjungpinang The Inspiring City’. Brand tersebut menjadi sebuah identitas dan kekhasan kota untuk dinikmati dan dirasakan bagi setiap pengunjung, khususnya wisatawan lokal dan manca negara.

Brand Tanjungpinang sebagai kota inspirasi dipresentasikan langsung di hadapan Walikota Suryatati dan pejabat pemko lainnya dengan menyampaikan data sekunder observasi dan in-depth interview dengan mengakui bahwa brand adalah sebuah proses mencari, menentukan dan memasarkan idenstitas Kota Tanjungpinang menjadi sebuah kota yang dapat memberi kesan dan pengalaman tertentu bagi setiap pengunjung.

Jaka Winarso dihadapan Suryatati dan undangan diskusi Brand Tanjungpinang juga menjelaskan, brand merupakan sebuah identitas kota, bukan sekedar menciptakan logo atau slogan semata tetapi lebih pada pengungkapan elemen-elemen kekhasan sebuah kota dan mengomunikasikan untuk menjadi daya tarik.

“Seperti bandung dengan Kota Pesona Asia, Joya Never Ending Asing maka Tanjungpinang dengan The Inspiring City. Ini harus dikalim menjadi brand kita. Dari Brand tersebut, nanti akan ada sub brand. Misalnya, ketika Penyengat jadi inspirasi, religi jadi inspirasi, gurindam jadi inspirasi dan pantun jadi inspirasi,” jelas jaka.

Saat ini, Jaka menjelaskan, Tanjungpinang di mata orang adalah sebuah kampung unik tempat kunjungan alternatif untuk sejenak melepas dan menghilangkan penat dari suasana kota moderen dan menjadi masa kejayaan masa dulu dan didukung dengan berbagai even lainnya. Kejayaan masa lalu ini yang menjadi sebuah inspirasi orang tertarik ke Tanjungpinang.

Selain itu, Jaka mengatakan, kejayaan sejarah mencatat Tanjungpinang dengan daerah Pulau Penyengat menjadi tempat inspirasi budayawan dengan berbagai karya sastra moderen, baik dari gurindam sampai pantun dan syair. Dan, hingga kini dikenal sebagai kota yang nyaman.

Jaka menyimpulkan dengan nama Tanjungpinang The Inspiring City akan lebih dikenal tidak hanya secara lokal, melainkan dunia. Apalagi, dengan kekhasan gurindam sebagai sebuah situs budaya yang bisa membuat orang terinspirasi melihat daerah asal gurindam itu sendiri.

Begitu juga dengan berbagai situs dan keindahan alam pantai dan kulunir yang memikat di Tanjungpinang akan menjadi sebuah cirikhas pembangkit inspirasi yang ditandai dengan kebiasaan masyarakat pada malam hari bercengkrama di akau dan kedai kopi.

“Sekalipun kita sudah punya berbagai kebanggaan, tetapi kalau tidak ada yang menjadi brand kota maka tidaklah mudah bagi orang mengenal Tanjungpinang. Berbagai potensi jika kita kembangkan, orang akan terus bertanya kalau inspirasi di Tanjungpinang,” jelas Jaka.

Kendati Tanjungpinang The Inspiring City adalah sebuah hasil riset Kesasi, Jaka mengaku perbandingan riset lain atau diskusi soal pendukung dan menerima atau tidak riset tersebut, adalah menjadi kewenangan Pemko Tanjungpinang.

“Secara riset yang bisa dipertanggungjawabkan dan secara akademis bisa diterima, kami hanya merekomondasikan kalau Tanjungpinang ke depan punya brand seperti ini dengan alasan riset. Tapi kalau tidak diterima, boleh. Namun, harus melalui sebuah riset juga,” jelas Jaka.(Batamtoday.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s